Semua Harus Berupaya Keras Membangun Budaya Politik yang Demokratis

By Admin

nusakini.com--Indeks Demokrasi Indonesia tercatat ada pada skor 70,09. Hasil dari pemotretan terhadap indeks demokrasi di daerah, menunjukan indeks demokrasi masih fluktuatif. Atau bisa dikatakan, demokrasi yang berjalan belum sepenuhnya stabil.  

Demikian salah satu isi arahan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat membuka acara Pemberian Penghargaan dan Sosialisasi Hasil Indeks Demokrasi Indonesia 2016 yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) di Jakarta, Selasa (5/12).  

Belum stabilnya kondisi demokrasi kata Tjahjo menuntut kerja keras dari seluruh warga Indonesia. Semua elemen bangsa, mulai yang sedang memanggul mandat sebagai pemimpin di level apapun, sampai rakyat biasa harus bahu membahu, berupaya keras membangun budaya politik demokratis. Budaya politik yang demokratis sangat penting. Karena itu yang jadi instrumen untuk menguatkan demokrasi di Tanah Air. Sehingga indek demokrasi yang sudah dicapai yakni dengan skor 70,09 dapat ditingkatkan lagi.  

"Hal terpenting yang harus diperhatikan, yaitu memonitor dinamika dan fluktuasi, memahami faktor-faktor penyebab, serta membuat kebijakan yang menjawab persoalan," ujarnya. 

Bagi Indonesia sendiri lanjut Tjahjo, hal paling penting yang harus dilakukan adalah memastikan demokrasi tetap berada dalam lintasan. Atau proses demokrasi yang on the track menuju keadaan lebih baik.(p/ab)